Pentingnya penggunaan Sunscreen dan Sunblock !!!

Helooo, 
Uda lamaa banget aku ga review produk apapun hehe
Sebenernya stock product yang mau di review banyak, tapi lagi sibuk aja jadi jarang ngepost :D 

Nah di post kali ini aku bakalan sharing tentang pentingnya penggunaan Sunscreen dan Sunblock. 
Tapi sebelumnya apa kalian uda tau perbedaan Sunscreen dan Sunblock itu apa ? Lalu apa itu sinar UVA UVB ? Gimana caranya nentuin SPF dan PA pada sunblock ? 
Semua pertanyaan kalian akan aku jawab di post kali ini. 
Ayuk di baca ๐Ÿ˜€

Perbedaan Sunscreen dan Sunblock

Sunscreen atau yang bisa disebut dengan Chemical Sunscreen bekerja dengan cara menyerap sinar UV (Khusunya sinar UVB) dan mengubahnya menjadi energy. Sunscreen ini tekstur warnanya transparan jadi saat mengenai kulit gada warna.  Penggunaan sunscreen lebih baik 20 menit sebelum terkena sinar matahari, karena dia membutuhkan waktu lebih lama untuk nyerap dalam kulit. 

Bahan yang terkandung dalam sunscreen biasanya adalah Dioxybenzone, Aminobenzoic acid, Cinoxate, dan Avobenzone.


Sedangkan Sunblock atau yang bisa disebut juga dengan Physical Sunscreen bekerja dengan cara menolak / memblock sinar UV (UVA dan UVB), sehingga sinar akan langsung di pantulkan kembali jadi dia ga bakal langsung nyentuh kulit kita. Tekstur dari sunblock sendiri itu lebih tebal (makanya kalian sering berasa abis pake sunblock kulit jadi lengket dan gampang berkeringat), dan setelah pemakaian bakal ninggalin warna kayak putih gitu di kulit, tapi sekali pemakaian  kalian bisa langsung bisa terkena sinar matahari. 

Bahan yang terkandung dalam sunblock biasanya adalah Titanium Dioxide dan Zinc Oxide.

Apasih sinar UVA dan UVB ? 

Sesuai dari namanya UVAging dan UVBurning. Sinar UVA dan UVB sama- sama bisa menyebabkan kanker pada kulit. Sedangkan sinar UVA sendiri bisa menyebabkan penuaan pada kulit dan UVB menyebabkan kulit kemerahan/ terbakar (gosong).

SPF

Sun Protector Factor atau yang lebih sering kita denger dengan SPF ini buat nentuin apakah sunscreen/ sunblock yang kita pake ini bisa untuk melindungi kulit kita dari sinar UVB apa engga dan "Tahan Berapa Lama". Yess SPF utamanya nentuin berapa lama kulit kita bisa terlindungi sebelum terbakar oleh sinar ultraviolet. 

Pada umumnya kulit kita memerlukan waktu 10 - 15 menit sebelum terbakar sinar ultraviolet tanpa perlindungan apapun. Nah kalo SPFnya 15 yauda kita kaliin sama 10 aja kira- kira bertahan 150 menit atau 2 jam lebih. Setelah itu kita harus aplikasiin ulang lagi sunblock pada kulit. Jadi kalo kalian pake SPF semakin tinggi, yauda ga usa aplikasiin ulang lagi deh.

PA 

Protection Grade of UVA ini buat nunjukin seberapa kuat produck sunscreen ini melindungi dari sinar UVA. Biasanya PA ini tergantung kepada PPD (Persistent Pigment Darkening) , contohnya jika PPD10 maka kulit kalian membutuhkan waktu 10x lipat lebih lama untuk terhindari dari efek buruk sinar UVA. Jadi semakin banyak tanda + yang ada di PA, proteksi terhadap sinar UVA nya juga makin tinggi.  

PA +       --> sunscreen dengan proteksi terhadap UVA dengan PPD 2-4
PA++      --> sunscreen dengan proteksi terhadap UVA dengan PPD 4-8
PA+++    --> sunscreen dengan proteksi terhadap UVA dengan PPD 8-16 
PA++++ --> sunscreen dengan proteksi terhadap UVA dengan PPD di atas 16 

Nah guys, setelah baca penjelasan aku di atas aku harap kalian bisa makin ngerti tentang pentingnya penggunaan sunscreen/ sunblock. 
Sebenernya penggunaanya sendiri tergantung kebutuhan masing - masing aja. Kalau di dalam ruangan mungkin 15-30SPF cukup, kalau di luar ruangan tentunya harus yang lebih tinggi. 

For your info yah guys, lampu yang ada di rumah maupun cahaya apapun itu juga mengandung sinar ultraviolet jadi walaupun kalian berada di dalem ruangan tetep harus pake sunscree/ sunblock yah. 

Semoga Info yang aku kasih ini bermanfaat buat kalian !! 
Post selanjutnya aku bakalan sharing tentang sunblock / sunscreen apa sih yang aku pake 
Happy Weekend guys 

Thankyou for Reading ๐Ÿ’›

Ig : @shmilybeauty 
Ig : @slvia28 & @slviawijaya28 


Comments

Post a Comment

Popular Posts